FANS CORNER

HARRY SETYO (TYO)

You say you want a leader,

But you can't seem to make up your mind

I think you better close it

And let me guide you to the purple rain

-Purple Rain, Prince-

 

Pria matang berumur 25 tahun Oktober ini adalah satu dari sekian banyak fans JKT48 yang telah eksis sejak 2012. Bernama lengkap Harry Setyo Purnomo, dan kerap dipanggil dengan nama Tyo. Lahir di kota Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan kini sedang menjalani masa tahanan di tahun ke 5 di sebuah Universitas swasta ternama daerah Grogol, Jakarta, jurusan Ekonomi. Sangat aktif sebagai Asisten Dosen karena paksaan. Salah satu former member Cemara Society, sebuah wadah fans-fans JKT48 yang pernah terkenal pada jamannya.

Awal menyukai JKT48 dan mulai menggeluti fandom ini ketika Generasi 2 diumumkan. Sempat menyukai Ratu Vienny Fitriliya saat masih lucu-lucunya. Sekarang dia mulai beralih ke Ayu Safira Oktaviani walaupun kerap enggan 2-shot karena menurut dia dengan begitu dia menjadi sedikit lebih cool dan elegan. Menurut dia, “Support tulus tidak perlu menunjukkan eksistensi, jika Oshimu sudah sukses, itu sudah lebih dari cukup...” Sangat anjay sekali.

Pemuda penyuka bunga edel—maaf, penyuka musik Old School 70an dan activist Black Music ini mengenal sosok Cindy Yuvia sudah sejak saat dia masuk kedalam lingkaran fandom ini. Walaupun bukan oshimen dia tapi menurut pendapat Tyo, Cindy Yuvia itu imut, seperti seluruh manusia yg berkecimpung di dunia ini ketahui, dan dia memang cocok menjadi Ace/ Center buat K3. Apalagi semenjak perkembangan skill Yupi yang sangat tak disangka-sangka. Tapi ketika ditanya mengenai, apakah Yupi mampu memimpin keseluruhan JKT48 dia menjawab, “Ace? Yes. Leader? For now i’m not sure... there are plenty of members out there for those role. For my opinion of course... Duh kangen Ota...”. Juga ketika ditanya harapannya buat Yupi, dia memberi petuah, “Sudah mau reshuffle team baru, New K3, member baru, wajah-wajah baru, semoga bisa menjadi senior yang membimbing para pemain baru di K3. Jangan malu untuk bertanya, belajar dan mengajar di tim yang baru, sehat selalu dan semoga kuliahnya juga bisa fokus. Demi Mikro dan Makro Ekonomi yang lebih baik!”

Lelaki ramah, kalem dan penyuka warna biru ini mengetahui mengenai Cindviadealoved sudah agak lama, tapi baru sadar kalau teman satu sirkel di Cemara Society ternyata menjadi salah satu pengurus di CDL. Menurut dia, CDL itu ibarat Paket Lengkap, semuanya ada mulai dari pengurus keuangan, penggalang dana, designer official, dan sebagainya. Kinerja CDL sendiri menurut dia terbilang rapi dan transparan. “Tapi Bendaharanya galak, kata teman saya suka malakkin Yupi!” Tutur Tyo. Tyo sebagai fans Non Yupi oshi berharap CDL selalu tetap eksis mendukung Yupi sampai kapan pun juga, karena menurut dia Idol tanpa fanbase akan stagnant, tidak maju, karena fandom ini berorientasi pada fans.

 

Quote of the day dari seorang Harry Setyo:

“Ngidol itu adalah sebuah hobby. Hobby itu dijalankan jikalau sanggup, bukan karena ingin yang tak pasti...”

 

-T-